Pengertian dan Fungsi Komputer Server

tgss

Komputer Server, yah mungkin Anda pernah mendengar istilah tersebut. Anda pasti bertanya-tanya apa sih pengertian serta fungsi komputer server tersebut. Komputer Server adalah sebuah komputer yang menyediakan pelayanan atau service tertentu yang berjalan di jaringan, baik jaringan internet ataupun intranet. Komputer server pada umumnya online atau beroperasi selama 24 jam nonstop. Hal inilah yang membuat specs komputer server berbeda dengan komputer biasanya. Karena online selama 24 jam nonstop dan harus melayani komputer Client maka specs komputer Server harus lebih bagus daripada komputer biasanya.

Selain itu komputer server juga harus memiliki sistem operasi yang khusus didesain untuk server yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Beberapa contoh sistem operasi untuk komputer server adalah :
1. Microsoft Windows Server 2008
2. Sun Solaris
3. UNIX
4. Linux Redhat
5. dan sebagainya.

Pengertian dan Fungsi Server
Fungsi Komputer Server, Pengertian dan Fungsi Komputer Server
Fungsi Komputer Server
Beberapa fungsi komputer server adalah sebagai berikut ini :

Aplication Server, .server ini berfungsi sebagai media penyimpanan aplikasi-aplikasi yang nantinya akan di akses dari komputer client. Misalnya aplikasi transaksi jual beli dan aplikasi lainnya yang jalan di intranet atau internet.
Proxy Server, biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Database Server, berfungsi untuk menyimpan data-data. Ada beberapa orang meletakkan data terpisah dari server aplikasinya, biasanya terinstal semacam Database management system, seperti oracle, MS SQL Server, MySQL dan sebagainya.
Game Server, server yang berfungsi menyediakan game online, sehingga kita bisa bermain di jaringan
Printer Server, berfungsi mengatur printer yang berjalan pada sebuah jaringan.
Web Server, menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna.
Dan lain sebagainya.

Demikian pengertian singkat serta fungsi dari komputer server. Secara garis besar komputer server adalah komputer yang bertugas melayani, mengatur, mengelola, segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer Client. Semoga artikel tentang fungsi komputer server ini bermanfaat bagi Sahabat Komputerisasi.

Sumber: http://www.mlarik.com/2013/06/pengertian-dan-fungsi-komputer-server.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s