pendidikan gratis ?? katanya..

JURNALITAS

sekolah-gratis

PENDIDIKAN gratis sering kali diucapkan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Namun, masyarakat miskin nampaknya kerap berpendapat bahwa pendidikan hanyalah untuk orang-orang yang mampu atau elite saja. Pasalnya, masih banyak rakyat Indonesia yang putus sekolah karena beberapa faktor, salah satunya faktor perkonomian.

Padahal, saat ini kita sudah berada pada zaman kemerdekaan, bukan lagi pada masa imperialisme (penjajahan); zaman ketika  hanya anak pejabat, gubernur, jenderal, dan kaum borjuis yang bisa mengenyam pendidikan. Sedangkan kuli-kuli pasar, nelayan, dan anak-anak petani atau kaum proletar tidak bisa bersekolah dikarenakan faktor ekonomi tadi.

Jika mengacu pada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, pasal 31 ayat 1 s/d 4 tentang pendidikan dan kebudayaan menyatakan bahwa; Pertama, setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan gratis. Kedua, setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Ketiga, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan suatu keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan…

Lihat pos aslinya 161 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s