Manajemen Proses Belajar, Jadikan Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

TK Friends

10847444_10203460264296372_7132276889282070149_o

Kesuksesan besar adalah kumpulan dari kesuksesan – kesuksesan kecil. Kesuksesan besar akan diraih jika kesuksesan – kesuksesan kecil di setiap harinya bisa dicapai. Seperti halnya anak tangga, yang tersusun rapih, jika berhasil menaiki anak tangga satu demi satu maka pencapaian yang lebih tinggi akan diperoleh.

Ilustrasi diatas bisa juga diterapkan dalam pendidikan anak. Guru atau orang tua harus pandai menyusun tahapan pembelajaran yang tepat sehingga anak bisa memahami pembelajaran step by step. Perhatikan tingkat kesulitan yang diberikan, ketika anak merespon dengan banyak ketidakmampuan maka tanda bahwa tingkat kesulitannya harus diturunkan. Jangan merespon ketidakmampuan anak dengan memberikan label yang negatif lalu membandingkannya dengan anak tetangga. Kedua respon diatas akan membuat anak semakin kehilangan rasa percaya dirinya.

Sama halnya dengan orang dewasa yang akan semakin bersemangat jika target yang diberikan bisa diselesaikan, maka begitu pula anak-anak. Bila anak belum mampu menguasai operasi matematika sederhana baik pengurang atau penambahan 1- 10 maka rubahlah…

Lihat pos aslinya 170 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s