Istana Niat Lima Laras – Telusur Kebudayaan Melayu Pesisir

Istana-Lima-Laras1Tak akan ada yang besar bila tak menghargai sejarah, pepatah lama yang mungkin terabaikan oleh kita. Begitu juga dengan salah satu destinasi wisata di Batubara ini. Istana Niat Lima Laras.

Didirikan oleh Datuk Muhammad Yuda pada tahun 1883 hingga berakhir pada tahun 1919, istana ini menjadi pusat ekonomi, pemerintahan dan sosial dimana pada saat itu sistem kesultanan masih berlaku seperti di kawasan yang mayoritas penduduknya bersuku Melayu lainnya di Indonesia.

Sejarah Kesultanan Di Istana Niat Lima Laras
Situs peninggalan dari kesultanan yang terletak di kabupaten Batubara ini menghantarkan kita kepada sejarah yang sedikit terlupakan, tak banyak yang tahu bahwa istana Niat Lima Laras tidak kalah jauh epic dengan istana Maimun (Istana Deli) di Medan. Sejarah kesultanan Melayu Pesisir di Batubara mencapai puncak kejayaanya ketika dipimpin oleh sultan ke-sebelas yakni Datuk Muhammad Yuda dan sultan ke-duabelas bernama Datuk Muda Abdul Roni. Pengaruh kesultanan Niat Lima Laras bahkan sampai ke tanah Jawa di Simalungun dan pulau Bandreng di Asahan.

Bentuk Istana Niat Lima Laras
Berarsiktektur perpaduan Melayu, Eropa dan Cina dengan rumah panggung. Nuansa kuning yang merupakan salah satu perlambang Melayu di dunia mendominasi warna istana. Terdiri dari dua lantai yang mana lantai dasar digunakan sebagai tempat bermusyawarah ketika itu dan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kesultanan. Memiliki luas 40×35 meter persegi dengan luas lahan mencapai 102 x 98 meter.

Rute Menuju Istana Niat Lima Laras
Dari kota Medan dapat menggunakan transportasi roda dua atau roda empat menuju kabupaten Batubara. Bila anda menggunakan angkutan umum silahkan menggunakan bus Sartika, Putra Melayu atau bus lintas Sumatera yang melewati Batubara. Sesampainya di Batubara silahkan menggunakan jasa angkutan betor (becak bermotor).

Sumber: http://www.pariwisatasumut.net/2014/08/istana-niat-lima-laras-telusur.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s