20 Tempat Wisata Di Kabupaten Batubara

20140814001830140795031053eb9de62866e0Kabupaten Batubara merupakan bagian dari provinsi Sumatera Utara. Memiliki keindahan dan pesona adalah ciri khas dari daerah yang mayoritas penduduknya adalah suku Melayu ini. Kabupaten Batubara tidak hanya memiliki wisata alam, akan tetapi wisata sejarah dan budaya adalah tujuan wisatawan baik domestik maupun internasional ke kawasan ini. Destinasi wisata Batubara tentu saja menambah sektor Pariwisata Kabupaten yang tak jauh dari Selat Melaka ini.

Beberapa destinasi wisata yang layak anda kunjungi bila mengadakan wisata ke Batubara adalah sebagai berikut:

  1. Sumur Bor Simpang Dolok
    Wisata heritage di kab Batubara ini merupakan peninggalan sejarah dari negara Belanda yang pada masa itu menjajah Indonesia.
  2. Kubah Datuk Batubara
    Kubah datuk Batubara dikenal sebagai sejarah dan awal mula terbentuknya nama kabupaten dan kota Batubara. Berada di Kuala Gunung, Lima Puluh Kota

  3. Meriam Simpang Dolok
    Wisata Sejarah, meriam Simpang Dolok juga sama dengan dua meriam lainnya, Meriam Simpang Dolok adalah pemberian dari Kesultanan Siak yang ada di provinsi Riau.

  4. Kantor Camat Lama
    Bangunan ini merupakan sebuah bangunan tua yang masih terawat hingga kini, dibelakang bangunan terdapat sebuah istana yang dulunya didiami oleh kesultanan Lima Puluh.

  5. Pantai Sejarah
    Disebut sebagai pantai Sejarah karena pantai ini memiliki nilai history saat penjajahan Jepang tengah menguasai kawasan Batubara kala itu. Pantai dengan suguhan pasir putih ini dahulunya dilalui oleh Jepang ketika mereka pertama kali melakukan ekspansi.

Istana-Lima-Laras16. Istana Niat Lima Laras
Wisata Budaya, Menjadi kebanggaan dari masyarakat Melayu yang tinggal di kabupaten Batubara. Memiliki keindahan pada design arsitektur yang dirancang khusus oleh seorang arsitek berkebangsaan asing.

  1. Situs Pekuburan Mesjid Lama
    Wisata Sejarah, Kesultanan di Batubara dapat disandingkan dengan Kesultanan Melayu di tanah Deli. Situs pekuburan Mesjid Lama adalah areal pemakaman Sultan Datuk Abdul Jalil dan ayahnya.
  • Pulau Pandang
    Wisata bahari, objek wisata yang satu ini adalah trade mark dari Pariwisata kab Batubara. Kerap dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri menjadi area bahari yang begitu menggoda untuk dijelajahi.

  • Mesjid Indra Pura
    Wisata religi dan sejarah, Mesjid Indrapura dikenal sebagai peninggalan kesultanan Indrapura di kabupaten Batubara pada tahun 1920.

  • Meriam Nanas Siam
    Wisata Sejarah, Meriam peninggalan bersejarah ini berada di desa Nanas Siam kecamatan Madang Deras. Objek wisata ini dipugar oleh pemerintah kaena memiliki nilai historis tersendiri.

  • Pulau Salah Namo
    Wisata bahari, Pulau Salah Namo adalah satu dari 2 pulau yang berada di sekitar kawasan Selat Melaka Batubara. Memiliki panorama nan indah dan memukau pulau ini merupakan pulau terluar di Indonesia

  • Pantai Wisata Alam
    Wisata bahari, pantai indah nan mempesona ini lebih dikenal dengan nama Pantai Datuk Kota Sungai Pasir. Pantai ini mungkin menjadi salah satu pilihan bagi anda yang menyukai ketenangan karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

  • Meriam Bogak
    Meriam Bogak berada di Tanjung Tiram, sebuah kawasan di kabupaten Batubara yang menjadi pusat transportasi laut kab Batubara. Memiliki legenda yang unik sehingga kerap diadakan ritual.

  • Pantai Jono/Perjuangan
    Wisata Bahari, bila Pantai Bunga sudah kerap dikunjungi, maka Pantai Jono atau Perjuangan lebih dikenal dan diminati karena sudah dibuka sejak lama. Pantai ini berada di Lalang, Akses yang mudah adalah alasan mengapa banyak pengunjung memilih tempat ini.

  • Istana Indra Pura
    Wisata Sejarah, Istana Indra Pura adalah bagian yang tak terpisahkan dari Kesultanan Indra Pura. Meski kini sistem kesultanan tidak lagi dianut, akan tetapi keberadaaan Istana Indrapura akan memberikan pengetahuan luas bagi para pengunjung.

  • Benteng Jepang
    Penjajahan Jepang di Batubara dimulai dari Benteng strategis di Lima Puluh. Selat Melaka sebagai wilayah dari kesultanan Batubara dan Lima Puluh tentu menjadi kawasan penting dalam hal transportasi laut.

  • Pantai Bunga
    Wisata bahari, menjadi objek wisata yang paling kerap dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tidak jauh dari ibukota kabupaten. Memiliki fasilitas standard, Pantai Bunga memiliki keindahan alam yang masih belum terjamah.

  • Komplek Mesjid Padang Genting
    Wisata Religi ini adalah peninggalan dari kerajaan Batubara. Saksi bisu kejayaan dari kesultanan Melayu pada masa dulu. Hingga kini mesjid ini masih terawat dengan sangat baik.

  • Danau Lau Tador
    Wisata Alam di Batubara yang satu ini kini semakin dikembangkan untuk menarik minat wisatawan setelah terabaikan begitu lama. Kini anda dapat menikmati Danau Lau Tador bersama keluarga. Beberapa faslititas standard sudah disediakan oleh pihak pengelola.

  • Meriam Datuk Simuangsa 2
    Meriam Datuk Simuangsa 2 adalah objek wisata sejarah, cagar budaya yang terletak di komplek Mesid Lamo Talawi. Peninggalan dari Datu Simuangsa yang pernah menjadi seorang sultan di kawasan Pesisis.
    Baca Selengkapnya…

  • Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu mendapatkan informasi terkait tentang Pariwisata Kabupaten Batubara.

    Sumber: http://www.pariwisatasumut.net/2014/11/20-tempat-wisata-di-kabupaten-batubara.html

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s