MENANAMKAN AKHLAK SEJAK USIA DINI

Menanamkan akhlaq serta budi pekerti pada anak merupakan hal yang sangat penting. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini, bahkan ketika anak masih dalam kandungan dengan menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan. Hal tersebut dapat menjadi pondasi bagi anak untuk memandang bagaimana cara berbuat dan bertingkah laku yang tepat.

Mendidik dan menanamkan anak agar memiliki akhlaq yang baik bukanlah hal yang sederhana dan mudah. Kita perlu memiliki pondasi yang kuat dalam hal ini, termasuk nilai agama dan akhlaq yang bagus pula sebelum mengajarkan dan menanamkan nilai tersebut kepada buah hati.
anak-laki-belajar-al-quran
Terdapat beberapa cara menamkan nilai akhlaq yang baik bagi buah hati kita. yang terpenting adalah, tanamkan sejak sedini mungkin agar menjadi pondasi kuat bagi mereka nantinya.

Menanamkan nilai ke-Tuhanan atau Tauhid kepada anak
Tananamkan tentang ke-esa-an Tuhan. Nilai keTuhanan sangat penting bagi pondasi anak. Berikan pendidikan mengenai agama serta mengenai nilai-nilai ibadah dan kesantunan.

Dengan memberikan pendidikan dan pegajaran bagi mereka, akan tertanam pada hati dan pikiran mereka untuk berbuat baik pula. Berikan pengajaran dengan cara yang menyenagkan, contohnya dengan cerita teladan para Rosul dan Nabi.

Berikan contoh dan teladan yang baik
Salah satu pendidikan yang baik ialah dengan metode modeling, biasanya anak akan menganggap apa yang ada di sekitar mereka sebagai role model, termasuk keluarga dan orang tuanya. Jadi, dengan berbuat, berkata, dan berpikiran berdasar akhlaq yang mulia akan mampu mendorong anak untuk berbuat hal yang sama. Ciptakan suasana yang mendukung di sana.

Didik dengan kebiasan-kebiasan baik
Melalui kebiasaan yang baik, seperti makan bersama, beribadah tepat waktu, membantu orang lain yang dijadikan sebagai kebiasaan akan membantu anak memiliki kebiasaan berbuat baik.

Memberi motivasi agar anak berbuat baik
Berikan motivasi agar si kecil mau untuk berbuat baik. Anak kecil biasanya lebih mudah tersentuh hatinya, untuk itulah menghindari untuk mengancam anak dalam melakukan sesuatu akan lebih baik.

Mendidik dengan reward dan punishment
Sekali-kali kita dapat meberikan hadiah bagi anak yang berbuat baik. Berikan pujian juga dapat menjadi sebuah reward selain hadiah berupa barang.

Untuk anak di atas tujuh tahun, kita dapat mendidik dengan lebih disiplin dengan cara memberikan punishment bagi mereka ketika melakukan hal yang tidak baik. Kita juga perlu lebih disiplin dalam mendidik mereka dalam ibadah.

Referensi: perempuan.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s